IGTV, Layanan Baru dari Instagram

Instagram baru saja meluncurkan sebuah layanan baru yang bernama Instagram TV atau IGTV pada sebuah event di San Francisco. IGTV adalah sebuah aplikasi menonton video dengan durasi yang panjang, hingga 10 menit.

Yang unik dari layanan bila dibandingkan dengan YouTube adalah video yang diupload adalah video vertikal, atau dengan rasio 9:16, kebalikan dari sebagian besar video di YouTube yang memiliki rasion 16:9. Kini Anda tidak perlu memutar smatphone menjadi horizontal untuk merekam video.

IGTV juga dibuat sederhana. Sama seperti menyalakan TV, IGTV mulai diputar segera setelah Anda membuka aplikasi. Anda tidak perlu searching untuk mulai menonton konten dari orang-orang yang sudah Anda ikuti di Instagram dan orang lain yang mungkin Anda sukai berdasarkan minat Anda. Anda dapat menggeser ke atas untuk menemukan lebih banyak – beralih antara “For You”, “Following”, “Popular”, dan “Continue Watching”. Anda juga dapat menyukai, berkomentar, dan mengirim video ke teman-teman secara langsung.

Sama seperti TV, IGTV memiliki channel (saluran). Tapi, di IGTV, creator adalah channelnya. Ketika Anda mengikuti pembuat konten di Instagram, saluran IGTV mereka akan muncul untuk Anda tonton. Siapa pun dapat menjadi pembuat konten – Anda dapat mengunggah video IGTV Anda sendiri di aplikasi atau di web untuk memulai saluran Anda sendiri.

Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya. Kevin Systrom, Co-Founder & CEO berharap, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.

Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun, Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

Semoga aplikasi IGTV dapat membantu bisnis Anda lebih berkembang. IGTV dapat Anda unduh di GooglePlay dan AppStore.

Posted in Instagram and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *