7 Layanan Cloud Storage Terbaik dan Gratis

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah model penyimpanan data di mana data digital disimpan dalam komputer server, penyimpanan fisik meliputi beberapa server dan juga beberapa lokasi, dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Cloud storage menjadi hal yang sangat penting di zaman digital saat ini. Keamanan yang ketat dan kapasitas penyimpanan yang sangat besar (bahkan hingga tidak terbatas) membuat layanan ini mulai banyak diminati.

Bahkan, saat ini penyedia telepon pintar sudah memiliki layanan cloud tersendiri, misalnya Mi Cloud untuk smartphone merk Xiaomi. Layanan cloud storage mulai banyak dilirik lantaran saat ini sudah banyak produk digital yang dibutuhkan, seperti ebook. Ebook tidak bisa disimpan di dalam hard disk, melainkan di media penyimpanan digital agar bisa diunduh.

Nah, bagi yang sering berselancar di dunia digital, berikut ada 7 (tujuh) layanan penyimpanan cloud yang dapat Anda gunakan. Layanan ini dapat digunakan secara gratis dengan kapasitas yang telah ditentukan, serta dapat diupgrade jika dirasa masih kurang.

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh Google. Bila telah memiliki akun di google, Anda dapat memanfaatkan layanan ini. Google Drive memberikan penyimpanan gratis 15 GB. Salah satu kekurangan Google Drive bagi saya adalah tidak disediakan fitur remote upload. Sehingga harus menggunakan aplikasi pihak ke-3.

2. Dropbox

“Put your creative energy to work, with Dropbox”. Dropbox tidak sekedar memberikan media penyimpanan, tapi juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengakses dan mengedit file yang telah diunggah ke Dropbox. Dropbox menyediakan akun penyimpanan gratis 2 GB untuk akun individual. Untuk akun bisnis, Anda bisa mengeluarkan biaya $12.50/bulan untuk 2 TB dan $20/bulan untuk unlimited.

3. Box

Box adalah platform manajemen konten perusahaan yang menyelesaikan tantangan sederhana dan kompleks, dari berbagi dan mengakses file pada perangkat seluler hingga proses bisnis yang canggih seperti tata kelola data dan retensi. Box memberikan penyimpanan gratis 10 GB. Selain “Individual Plans”, Box juga memiliki “Business Plans” dan “Platform Plans”.

4. OneDrive

Cloud storage yang dulunya bernama SkyDrive ini adalah layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Karena merupakan layanan dari Microsoft, maka dengan biaya $99,99/tahun Anda dapat Office 365 Home with Premium OneDrive Features dengan penyimpanan 5 TB. Atau Anda dapat memilih penyimpanan gratis 5 GB.

5. Mediafire

MediaFire adalah perusahaan penyimpanan dan kolaborasi daring yang fokus menyediakan dunia solusi lengkap dan mudah digunakan untuk mengelola barang digital mereka secara online dan di perjalanan. Anda bisa mendapatkan penyimpanan gratis 10 GB dan dapat ditingkatkan secara gratis menjadi 50 GB dengan menjalankan beberapa petunjuk dari Mediafire.

6. Mega

Mega merupakan salah satu layanan cloud storage yang paling banyak digunakan. Fasilitas import file ke akun sendiri adalah salah satu kelebihannya. Selain itu, Anda dapat mengunggah file disini tanpa perlu mendaftar. Dapatkan penyimpanan gratis hingga 50 GB ketika mendaftar. Catatan penting, bila telah mendaftar, Anda harus menyimpan password dengan baik dan “Recovery Key” karena mereka tidak mengirimkan informasi akun kita ke email.

7. pCloud

Dibentuk pada tahun 2013 yang sama dengan Mega, pCloud menyediakan solusi penyimpanan cloud yang komprehensif dan mudah digunakan untuk individu dan bisnis. Memberikan penyimpanan gratis 10 GB, pCloud memiliki fasilitas remote upload yang sangat cepat. Bila Anda senang menyimpan sesuatu secara online, pCloud layak dicoba. Apalagi mereka memiliki perencanaan “Lifetime”.

Inilah 7 (tujuh) layanan cloud storage yang dapat Anda coba, apalagi menyediakan ruang penyimpanan gratis. Tidak hanya menyimpan data, layanan cloud storage juga memiliki sistem keamanan yang tinggi, serta aplikasi mobile untuk kemudahan akses. Disamping layanan di atas, masih ada beberapa lagi yang tersedia di internet yang dapat dicoba.

Posted in Internet and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *