Memulai Bisnis Sendiri

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar semuanya? Kali ini, MeiRizal.com akan sharing tentang bagaimana memulai usaha sendiri. Tentu ada di antara pembaca yang masih ragu untuk memulai bisnis sendiri. Beragam alasan yang muncul, misalnya takut gagal, belum punya modal besar, belum berani meninggalkan pekerjaan sebelumnya, belum banyak pengetahuan, serta alasan lainnya yang menghambat kita untuk segera berbisnis.

meirizal-mulaibisnis

Memulai bisnis sendiri memang sulit. Tapi ini untuk langkah pertama saja. Sama seperti Saya, bisnis yang pertama kali dijalankan adalah jualan pashmina (padahal saya seorang pria,,hehe). Yap, itulah kenyataannya. Bisnis terkadang berbeda jauh dari kebiasaan kita. Namun, bisnis yang terbaik adalah hobi sendiri.

Di awal jualan pashmina agak sulit. Tentu saja karena saya seorang pria, jadi terkesan “tidak masuk akal”. Selain itu, harga pashmina yang saya jual juga lebih tinggi dari harga dipasar. Namun, kualitasnya berbeda. Saya senang bisa memulai bisnis tersebut. Saya pun memulai berbisnis kembali dengan berjualan jam tangan. Cukup menantang, karena segmen jam tangan berbeda dengan pashmina. Selain itu, harganya juga lebih tinggi.

Saya sempat berhenti berjualan, karena masih sibuk dengan perkuliahan. Namun, saya sudah mendapat pengalaman berharga. Banyak. Saya kembali mulai berjualan, seperti software, dvd audiobook motivasi, ebook, dan sebagainya. Intinya adalah kita harus memulai. Mulai saja dulu, pasti ada kesulitan yang akan dihadapi. Tapi tenang, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. 94 :5-6)

Posted in Bisnis and tagged , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *